Implementasi Differentiated Instruction dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Peserta Didik

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61295/kalanea.v6i1.184

Kata Kunci:

Differentiated Intruction; Emosi, Pendidikan Agama Kristen, dan Peserta Didik

Abstrak

Penerapan Differentiated Instruction (DI) dalam Pendidikan Agama Kristen bertujuan untuk membantu peserta didik mengatasi kesulitan dalam mengatur emosi mereka melalui pendekatan yang menyesuaikan gaya belajar dan kebutuhan emosional individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi pustaka untuk mengkaji bagaimana DI dapat diterapkan dalam konteks pendidikan agama Kristen guna mendukung perkembangan emosional peserta didik. Berdasarkan kajian literatur, DI yang mencakup penyesuaian dalam konten, proses, produk, dan lingkungan belajar terbukti efektif dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik. Melalui penggunaan cerita Alkitab dan penerapan nilai-nilai moral seperti kasih, pengampunan, dan kesabaran, DI juga memberikan ruang bagi peserta didik untuk lebih memahami dan mengelola emosi mereka. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengadaptasi pendekatan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan emosional peserta didik, DI tidak hanya mendukung pencapaian akademik, tetapi juga membantu mereka dalam mengelola perasaan dan membentuk karakter yang lebih baik.

Referensi

Andini, D. W. (2016). Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Siswa di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340-349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725

Andrianti, S. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Fasilitator dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 232–249. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.13

Awang, I. S., Metah, M., & Mulyadi, Y. B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41-50. http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946

Basit, A., & Gumiandari, S. (2022). Perkembangan Emosi Peserta Didik. Journal of Syntax Literate, 7(1), 80-90. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5662

Boyatzis, R. E., Goleman, D., & Rhee, K. (2000). Clustering Competence in Emotional Intelligence: Insights From The Emotional Competence Inventory (ECI). Handbook of Emotional Intelligence, 99(6), 343–362.

Darmayanti, E., Dole, F. E., & Ota, M. K. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 16–22. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.738

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.19166/dil.v2i1.2212

Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis DI untuk Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 50–62. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709

Halil, N. I., Yawan, H., Hasanah, A. N., Syam, H., Andas, N. H., & Marhamah. (2024). A New Program to Foster Inclusion: Unraveling Language Teachers’ Pedagogical Practices to Differentiated Instruction. International Journal of Language Education, 8(2), 370–383. https://doi.org/10.26858/ijole.v8i2.64997

Izzah, A. N., Sumantri, S., & Dallion, E. (2025). Implementasi Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 372-386. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25844

Intarti, E. R. (2016). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 28–40.

Malana, S. L., Loes, J., & Lande, Y. (2022). Strategi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Vox Veritatis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 88–96. Retrieved from https://jurnal.stak-kupang.ac.id/index.php/voxveritatis/article/view/13

Mau, M. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 1–15. https://doi.org/10.55606/jpkm.v1i4.34

Pham, H. L. (2012). Differentiated Instruction and The Need To Integrate Teaching and Practice. Journal of College Teaching & Learning, 9(1), 13-20. https://doi.org/10.19030/tlc.v9i1.6710

Santangelo, T., & Tomlinson, C. A. (2012). Teacher educators’ perceptions and use of DI practices: An exploratory investigation. Action in Teacher Education, 34(4), 309–327. https://doi.org/10.1080/01626620.2012.717032

Sigalingging, J., & Raranta, J. E. (2022). Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dalam Keluarga terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, dan Karakter Anak. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7426–7436. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4103

Simatupang, J. K. N. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia 9-12 Tahun di SD Negeri 1 Ujungwatu, Kab. Jepara. Universitas Kristen Indonesia.

Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Universita Pendidikan Indonesia Bandung.

Subban, P. (2006). Differentiated Instruction a Research Basis. International Education Journal: Comparative Perspectives, 7(7), 935–947.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media.

Sulastyaningrum, R. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018, 90-121. Universits Sebelas Maret.

Tafonao, T., Gulo, Y., Situmeang, T. M., & Ditakristi, A. H. V. (2022). Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam Menanamkan Nilai-nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4847–4859. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2645

Tomlinson, C. A. (2017). Fundamentals of Gifted Education (2nd ed.). Routledge.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

Simatupang, J. K. N., & Tungkup, H. L. (2025). Implementasi Differentiated Instruction dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Peserta Didik. Jurnal Kala Nea, 6(1), 56–70. https://doi.org/10.61295/kalanea.v6i1.184

Terbitan

Bagian

Articles