A Evaluasi Program Bina Iman Anak Menggunakan Model Cipp (Contect, Input, Process, Product)

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.61295/kalanea.v6i1.194

Kata Kunci:

Kata kunci: anak, bina iman, evaluasi, gereja, model CIPP

Abstrak

Pembinaan iman anak menjadi bagian penting dalam misi Gereja untuk menanamkan nilai-nilai Kristiani sejak dini, terutama di tengah tantangan era digital dan minimnya dukungan dari lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Bina Iman Anak di Stasi Santo Thomas Rasul Purba Saribu dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kontekstual, program sesuai dengan visi dan misi Gereja serta kebutuhan spiritual anak. Dari sisi input, pembina memiliki semangat pelayanan meskipun masih terbatas dari segi pelatihan formal. Proses kegiatan berlangsung teratur dengan variasi metode yang melibatkan anak secara aktif. Dari sisi produk, terlihat adanya peningkatan pengetahuan iman dan partisipasi anak dalam kehidupan menggereja. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model CIPP efektif digunakan untuk mengevaluasi program Bina Iman Anak secara komprehensif dan dapat menjadi dasar dalam pengembangan program yang lebih relevan dan berdampak bagi pertumbuhan iman anak.

 

Referensi

Alva, R. (2018). Evangelii Gaudium: A Call to Renewal in the Holy Spirit. International Review of Mission, 107(2), 500–514. https://doi.org/10.1111/irom.12246

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Barella, Y., Ginting, D., Rasyid, M. N. A., & Mania, S. (2024). A Case Study On Evaluation of The Context, Input, Process, Product (CIPP) Implementation In The Child-Friendly School Program. Edelweiss Applied Science and Technology, 8(4), 2235–2249. https://doi.org/10.55214/25768484.v8i4.1594

Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2), em0091. https://doi.org/10.29333/pr/9701

Derung, T. N., & Mandonza, M. (2022). Peran Pembina dalam Pelaksanaan Bina Iman Anak Usia Dini di Paroki Santo Andreas Tidar. In Theos?: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 1(6), 183–189. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i6.547

Ginting, B. E., Lumbanbatu, J. S., & Sitepu, A. G. (2023). Peran Guru Agama Katolik dengan Meningkatkan Nilai Moral Peserta Didik Kelas Xi di Sekolah Menengah Atas Swasta Katolik 2 Kabanjahe. In Veritate Lux?: Jurnal Ilmu Kateketik Pastoral Teologi, Pendidikan, Antropologi, dan Budaya, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.63037/ivl.v6i1.16

Hanifa, F., & Ramadhan G. (2024). Peran Orang Tua dalam Membangun Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14-17. https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/tiflun/article/view/79

Hardawiryana, R. S. J. (2021). Inter Mirifica: Di antara yang Mengagumkan - Dekrit tentang Upaya-upaya Komunikasi Sosial Dokumen Konsili Vatikan II. Departemen Dokumentasi dan Penerangan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Lubis, H. Z. (2023). Implementation of Traditional Games in Religious and Moral Values in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(2), 310–320. https://doi.org/10.23887/paud.v11i2.52899

Melyawanto, D., & Wilhelmus, R. O. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Terhadap Perkembangan Iman dan Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Menengah Pertama Katolik di Kota Madiun. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(1), 73–86. https://doi.org/10.34150/jpak.v19i1.142

Mandasari, R. A., Mandonza, M., & Goa, L. (2022). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Iman Kaum Katolik. SAPA: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.53544/sapa.v7i2.357

Mannan, A. (2017). Pembinaan Moral dalam Membentuk Karakter Remaja (Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu). Aqidah-Ta?: Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3408

Nugroho, M., Hariyati, N., Dwi Lestari, G., Wulandari, A., & Khamidi, A. (2024). Implementasi Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Bagi Anak Pekerja Migran Indonesia di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(12), 1973–1989. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i12.6588

Nugroho, P. W. A., & Goa, L. (2023). Membangun Minat Anak Anak untuk Terlibat dalam Bina Iman di Gereja Maria Diangkat ke Surga Tumpang. In Theos?: Jurnal Pendidikan dan Theologi, 3(10), 221–225. https://doi.org/10.56393/intheos.v3i10.1880

Pelissero, J. E. (2022). Differentiated Instruction In A General Children’s Ministry Curriculum: Evaluating Discipleship In An Inclusive Classrooom (Doctor of Education, Southeastern University ). https://firescholars.seu.edu/coe/120

Pratiwi, A, L., Prayitno, A. J., & Wijoyoko, G. D. (2024). Dampak Pernikahan Beda Agama terhadap Perkembangan Iman Anak Usia Balita di Paroki Hati Kudus Tuhan Yesus Simo Boyolali. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral, 3 (1). 450-468. https://doi.org/10.55606/lumen.v3i1.373

Sari, D. N., Wahyuningrum, P. M. E., & Adinuhgra. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bagi SEKAMI di Stasi Santo Paulus Luwuk Bunter Paroki Santo Joan Don Bosco Sampit. Sepakat?: Jurnal Pastoral Kateketik, 9(2), 91–102. https://doi.org/10.58374/sepakat.v9i2.197

Selatang, F., & Neonbasu, J. (2020). BIAK: Ruang Interaksi Sosial Antar Penyandang Disabilitas. Jurnal Pelayanan Pastoral, 1(1), 16-23. https://doi.org/10.53544/jpp.v1i1.139

Simanjuntak, J. M. (2023). Technology Integration in Christian Religious Education Teacher Professional Development to Produce Scientific Writing. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.52489/jupak.v4i1.184

Sipayung, R. (2021). Pendampingan BIR (Bina Iman Remaja) dalam Tugas dan Fungsi BIR Sebagai Putera-puteri Altar dengan Metode Dinamika Kelompok di Paroki Santo Fransiskus Asissi Padang Bulan Medan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 142–149. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.112

Syakur, I., Madjid, A., & Shodiq, S. F. (2025). Analysis of CIPP Evaluation Model on Religious Programs in Schools?: Systematic Literature Review. 12(3), 605–620. https://doi.org/10.36987/jes.v12i3.6873

Tibo, P., Sembiring, J. K., & Bere, P. H. (2024). Upaya Pembina dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Hidup Menggereja Orang Muda Katolik di Paroki St. Yohanes Paulus II Namo Pecawir-Tuntungan. Selidik (Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagamaan), 5(1), 10–18. https://doi.org/10.61717/sl.v5i1.88

Vygotsky. (2019). The Second Vatican Council’s Doctrine on Mary and St. Pope John Paul II’s Interpretation of It. Rocznik Teologii Katolickiej, 18, 15–42. https://doi.org/10.15290/rtk.2019.18.02

Yosita Nadila Rahmi, & Hisny Fajrussalam. (2022). Digital Media: Strategy Islamic Religious For Children In Modern Era. Proceeding of Saizu International Conference on Transdisciplinary Religious Studies, 39–47. https://doi.org/10.24090/icontrees.2022.227

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

Damanik, R. A., & Lumbanbatu, J. S. (2025). A Evaluasi Program Bina Iman Anak Menggunakan Model Cipp (Contect, Input, Process, Product). Jurnal Kala Nea, 6(1), 71–85. https://doi.org/10.61295/kalanea.v6i1.194

Terbitan

Bagian

Articles